Spa Ala Keraton Yogya

Oleh: Ade Rain


Ngiler spa setelah baca perjalanan honeymoon seorang teman aku jadi teringat suasana spa di Yogyakarta. Hotel Sheraton Mustika yang kolam renangnya meniru arsitektur taman sari keratonan Yogya itu juga punya pelayanan spa yang luar biasa eksotis dan pemijat spa yang unik.

Jika biasanya di tempat-tempat spa kita dilayani dengan berbagai spa yang beragam menu pembersihan kulit hingga bagian paling intim, di Taman Sari Royal Heritage Spa juga menjual beragam spa yang tidak jauh berbeda, mulai body peeling, javanese facial, herbal treatments, spa baths dan banyak lagi, namun yang paling berkesan yakni pelayanan sumber daya manusia pelulurnya yang sangat bernuansa kerajaan Jawa.

Layanan spa ala keraton ini mulai terasa ketika kita bertemu dengan para pemijat yang sangat profesional. Tutur kata yang sopan dan perilaku bak dalem di kerajaan sudah ditunjukkan sejak pintu masuk hingga berbaring di altar spa. Setiap gerakan badan dan tubuh mereka bagai sedang melayani dewa, digerakkan dengan sangat lembut, sangat halus, sangat hati-hati dan penuh kosentrasi. Betapa sulit ketika mencoba menebak apa yang sedang mereka lakukan saat tidak menyentuh badan kita, tidak terdengar suara langkah, apalagi jejak suara saat memindahkan atau mengambil sesuatu barang, semua dilakukan dengan sangat anggun. Benar-benar pelayanan spa ala keraton Jawa yang sungguh eksotis.



Pada saat menyentuh kulit, pemijat spa biasanya akan memulai dengan sentuhan yang sangat-sangat lembut di kaki, kemudian mulai naik ke atas dengan tenaga yang sedikit demi sedikit bertambah, meski dengan tenaga pijatan yang lebih terasa di badan, mereka akan menjaga konsistansi memegang badan kita dengan sangat-sangat lembut, dan pada saat mengangkat kaki ataupun meletakkan kaki kita kembali berbaring di tempat spa mereka lakukan dengan perlahan-lahan seakan-akan takut kupu-kupu yang sedang hinggap dikulit kita terbang akibat kibasan angin.

Tidak ada kata-kata yang keluar dari mulut pemijat kecuali jika kita minta pijatannya diperlama di bagian tertentu, mereka melakukannya dengan amat hati-hati dan pelayanan yang mendekati sempurna. Sementara itu musik gending jawa yang lembut dan syahdu menjadi soundtrack adegan tidur-tidur ayam kita ketika merasakan kenikmatan setiap baluran. Saat keluar dari sana dengan tubuh segar dan harum, nuansa menjadi seorang ratu atau putri raja bisa terasa hingga berhari-hari. Treatment spa yang layak untuk dinikmati.

Jangan lupa setelah kembali ke kamar hotel (tentunya harus minta Mount Merapi View), geser semua gorden ke pinggir jendela, bercinta dengan kekasih dengan tubuh bersih cemerlang sambil melihat kemegahan Gunung Merapi yang sedang kalem dan agung rasanya sangat luar biasa syahdu... di sanalah tempat terbaik membuat anak dengan 'cara' yang istimewa.

@Ade Rain, SepociKopi, 2007
photo from: http://www.starwoodhotels.com/
4 Responses
  1. Utter Says:

    Hmm, kemegahan pemandangan gunung merapi rasanya "sayang" kalau saya tinggalkan demi sebuah episode membuat anak yang bisa saya lakukan kapan2 (andai saya yang berada di tempat yang sama dengan Anda)? Meski memang tetap mengasyikkan menyelimuti sang kekasih dalam suasana tersebut,(yang memang jarang didapatkan ketika kembali ke kota asal Anda).

  2. atique Says:

    wah blog ini sepertinya menyenangkan yah.. gimana kalo tukeran link... saya juga bikin blog tentang review spa di indonesia www.spaindonesia.blogspot.com

  3. d.h.a.d.h.e Says:

    wew sis, baru kebaca..
    i'm glad you're glad with your stay in sheraton, hehehe..
    sayang sheraton'nya hancur karena gempa 2006, dan ga dibuka lagi sampai sekarang...

  4. Lana Says:

    Mbak Ade kalau berminat SPA di Jogja bisa coba SPA di tempat kami, di Qorinah Day Spa& Salon Jl kaliurang Km 15. Kalau dari kota mungkin agak jauh, tapi akan ada antar jemput jika berminat.

    Terimakasih :)

abcs